RESUME PERTEMUAN 1 DAN PERTEMUAN 2
PERTEMUAN 1 PENGENALAN GRAFIKA KOMPUTER
Definisi Grafika komputer
Definisi grafika computer Menurut Suyoto (2003), grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi.
Sejarah Grafika computer
Terdapat empat fase dalam perkembangannya :
· Fase pertama tahun 1950 era grafika computer interaktif
· Fase kedua tahun 1960 jaman penelitian/ Riset grafika computer interaktif
· Fase ketiga tahun 1970
· Fase keempat tahun 19980-1990
Bidang Grafika Komputer
Mencakup area/ bidang :
❑ Film (spesial effects)
❑ Industri :
◼ CAD (computer aided design)
◼ Automated machining
❑ Visualisasi :
◼ data ilmiah
◼ hasil medik (scanning,X-Ray, MRI)
❑ Permainan Komputer
❑ Distribusi Online
Tema grafika computer
Tiga tema utama dalam grafika komputer :
❑ Modeling
❑ Animation
❑ Rendering
PERTEMUAN 2 TEKNOLOGI DISPLAY
Ada dua cara menampilkan gambar :
• Vector Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan
segmen garis (vector)
• Raster Display : gambar ditampilkan sebagai kumpulan
titik (pixel)
Jenis-jenis display
· Cathode Ray Tube (CRT) / Tabung sinar katoda
Tabung vakum yang berisi sumber elektron yang digunakan untuk melihat gambar untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron ke layar neon untuk menciptakan gambar. Gambar dapat mewakili bentuk gelombang listrik (osiloskop), gambar (televisi, monitor komputer), radar target dan lain-lain
· Plasma Display
Sebuah layar plasma adalah video tampilan computer dimana setiap piksel pada layar diterangi oleh sedikit kecil plasma atau gas yang dibebankan, agak seperti lampu neon kecil. Plasma menampilkan lebih tipis dari tabung sinar katoda (CRT) menampilkan dan lebih terang dari liquid crystal display (LCD).
· Liquid Cristal Display (LCD)
Suatu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media refl eksinya. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, sebagai contoh: monitor,TV, kalkulator. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat puluhan ribu pixel. Pixel adalah satuan terkecil di dalam suatu LCD. Pixel pixel yang berjumlah puluhan ribu inilah yang membentuk suatu gambar dengan bantuan perangkat controller, yang terdapat di dalam suatu monitor.
Raster Display System
• Setiap kondisi pixel di layar disimpan ke dalam memori yang disebut : frame buffer.
• Pixel mempunyai informasi mengenai :
– lokasi = lokasi memori di frame buffer
• banyaknya (lokasi) pixel yang dapat disimpan disebut
sebagai resolusi
– warna = banyaknya byte di frame buffer = 2n
• 1 bit memori = 2
1 warna = 2 warna
• 4 bit memori = 2
4 warna = 16 warna
• 8 bit memori (1 byte) = 2
8 warna = 256 warna
– Kapasitas memori membatasai banyaknya pixel yang ditampilkan dan warna yang dapat direpresentasikan.
ARMAN ADIANSYAH
17190656
17.3C.25
Komentar
Posting Komentar