Grafik Komputer 02


HAI, KENALAN DULU KALI YAAA, 
Nama gue Arman Adiansyah, Kelas 17.3C.25, Prodi Teknologi Informasi di Universitas Bina Sarana Informatika.
Ini tugasnya Matkul GRAFIK KOMPUTER.
Ini postingan pertama di blog paksaan ini ya, yaa terpaksa buat karena tugas. 
OHYAA, kalo postingannya gak rapih ya maap xixixixi 
 
SYNTHETIC CAMERA  
Synthetic camera adalah metoda memposisikan ‘camera’ untuk melihat benda.
Membutuhkan tiga komponen : 
   -Bidang proyeksi      
   -Sistem koordinat viewer
   -Mata.   
Di bawah ini merupakan poin-poin utama di Synthetic Camera :
1. Cara kerja kamera
Prinsip utama kerja kamera yaitu menangkap cahaya. Cahaya tersebut masuk ke kamera melewati lensa (subjek yang ingin kalian ambil, bisa kalian lihat terlebih dahulu melalui viewfinder), serta di fokuskan supaya diterima oleh sensor cahaya yang memilah-memilah cahaya berdasarkan komponennya.
2. viewing coordinate
Viewing coordinate diperoleh berdasarkan informasi mengenai :
- posisi kamera pada world coordinate, posisi ini disebut juga sebagai VRP (Viewing Reference Point).VRP ditentukan berdasarkan vector r = (rx, ry,rz)  
- Arah viewplane, disebut sebagai VPN (Viewplane Normal) dan ditentukan berdasarkan vector n (nx,ny,nz). Vector n ditentukan berdasarkan world coordinate.  
- Arah sumbu V ditentukan berdasarkan vector u. Vector u bersifat tegak lurus terhadap n dan v. posisi mata (eye) ditentukan dalam viewing coordinate dan disimbolkan dengan e = (eu,ev,en). Umumnya e berisi (0,0,E)  
Viewing coordinate sering juga disebut sebagai UVN system.
Sistem koordinat UVN mempunyai tiga sumbu :
U V N
Bagaimana menghitung n,v dan u? 
Pemakai dapat menentukan nilai n dengan memasukkan vector norm dan vector n dihitung sebagai :  
Untuk memperoleh norm, tentukan titik yang menjadi pusat pandang camera (look at) dan kemudian norm dihitung sebagai : norm = scene - r 
 
3. transformasi viewplane
Setiap titik di world coordinate (w) dapat ditransformasikan ke viewing coordinate (p) dengan menggunakan rumus :
 
Setelah titik di world coordinate di transformasikan ke viewplane maka tahap selanjutnya adalah melakukan proyeksi perspektif terhadap titik di viewplane. 
 
4. proyeksi viewplane
 
Jika diketahui titik p=(pu;pv;pn) adalah titik di viewplane dan mata terletak di (eu;ev;en) maka titik q (u*,v*) sebagai proyeksi perspektif dari p dapat diperoleh dengan  
 
Apabila e = (0,0,en) maka rumus di atas dapat disederhanakan menjadi
 
Dah segitu aja pembahasannya,Semoga bermanfaat bagi pembaca kalau kurang lengkap ya maaf hehee, 
SEKIAN DAN TERIMAKASIH
 

Komentar