HAI, KENALAN DULU KALI YAAA,
Nama gue Arman Adiansyah, Kelas 17.3C.25, Prodi Teknologi Informasi di Universitas Bina Sarana Informatika.
Ini tugasnya Matkul GRAFIK KOMPUTER.
Ini postingan pertama di blog paksaan ini ya, yaa terpaksa buat karena tugas.
OHYAA, kalo postingannya gak rapih ya maap xixixixi
SYNTHETIC CAMERA
Synthetic camera adalah metoda memposisikan
‘camera’ untuk melihat benda.
Membutuhkan tiga komponen :
-Bidang proyeksi
-Sistem koordinat
viewer
-Mata.
Di bawah ini merupakan poin-poin utama di Synthetic Camera :
1. Cara kerja kamera
Prinsip utama kerja kamera yaitu menangkap cahaya. Cahaya tersebut masuk
ke kamera melewati lensa (subjek yang ingin kalian ambil, bisa kalian
lihat terlebih dahulu melalui viewfinder), serta di fokuskan supaya diterima oleh sensor cahaya yang memilah-memilah cahaya berdasarkan komponennya.
2. viewing coordinate
Viewing coordinate diperoleh berdasarkan informasi mengenai :
- posisi kamera pada
world coordinate, posisi ini disebut juga
sebagai VRP (Viewing
Reference Point).VRP ditentukan berdasarkan
vector r = (rx, ry,rz)
- Arah viewplane, disebut sebagai VPN (Viewplane
Normal) dan
ditentukan berdasarkan
vector n (nx,ny,nz). Vector n ditentukan berdasarkan
world coordinate.
- Arah sumbu V ditentukan berdasarkan
vector u.
Vector u
bersifat
tegak
lurus
terhadap
n dan v.
posisi mata
(eye) ditentukan dalam
viewing coordinate dan disimbolkan dengan e =
(eu,ev,en). Umumnya e berisi (0,0,E)
Viewing
coordinate sering juga
disebut sebagai UVN
system.
Sistem koordinat UVN mempunyai tiga sumbu :
U V
N Bagaimana menghitung n,v dan
u?
Pemakai dapat menentukan nilai n dengan memasukkan
vector norm dan vector n dihitung sebagai :
Untuk memperoleh
norm, tentukan titik yang
menjadi pusat pandang
camera (look at) dan kemudian norm
dihitung sebagai :
norm = scene - r
3. transformasi viewplane
Setiap titik di
world coordinate (w) dapat ditransformasikan ke
viewing coordinate (p) dengan menggunakan rumus :
Setelah
titik di
world coordinate di transformasikan ke viewplane maka tahap selanjutnya adalah melakukan proyeksi perspektif terhadap titik di viewplane.
4. proyeksi viewplane
Jika diketahui titik p=(pu;pv;pn) adalah titik di viewplane dan mata terletak di (eu;ev;en) maka titik q
(u*,v*) sebagai proyeksi perspektif dari p dapat diperoleh dengan
Apabila e =
(0,0,en) maka rumus di atas dapat disederhanakan menjadi
Dah segitu aja pembahasannya,Semoga bermanfaat bagi pembaca kalau kurang lengkap ya maaf hehee,
SEKIAN DAN TERIMAKASIH
Komentar
Posting Komentar